Tengkorak Kristal (Skull Crystal)

Photo: Crystal skull
Semalam ditengah nonton film Indiana Jones IV, saya jadi kepikiran dengan benda misterius yang jadi perburuan difilm itu. Tiada lain kalau bukan Skull Crystal. dan saya ingin sedikit menguak tentang misteri ini. Tengkorak kristal yang tak biasa atau sangat misterius. Ribuan diproduksi setiap tahun di Brazil, Cina, dan Jerman. Namun ada beberapa benda-benda yang agak mengerikan yang telah merangsang minat kuat dan kontroversi di antara para arkeolog, ilmuwan, spiritualis, serta pejabat museum dilebih dari satu abad.
Ada kemungkinan selusin dari tengkorak kristal langka yang di koleksi oleh pribadi dan umum. Beberapa kristal dibuat dari kuarsa berasap atau berwarna. Beberapa ada yang seukuran manusia yang sebenarnya dengan detail yang sangat halus, sementara yang lain lebih kecil dan kurang halus. Semua diyakini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.
Banyak yang percaya tengkorak ini dipahat ribuan atau bahkan puluhan ribu tahun yang lalu oleh peradaban Mesoamerika kuno. Orang lain berpikir mereka mungkin peninggalan dari pulau legendaris Atlantis atau bukti bahwa makhluk ET pernah mengunjungi Aztec kira-kira sebelum penaklukan Spanyol.
Daya Tarik Supernatural
 

Cerita tentang tengkorak lebih berfokus kepada hal-hal kekuatan supranatural yang dirasakan mereka.
Joshua Shapiro, seorang penulis Misteri Tengkorak Kristal, di situs Web-nya mengutip bahwa ia mengklaim kalau tengkorak dapat menyembuhkan dan punya kemampuan psikis sehingga diserbarluaskan oleh orang-orang yang telah di hadapan tengkorak tersebut.
"Kami percaya Tengkorak Kristal adalah bentuk komputer yang mampu merekam energi dan getaran yang terjadi di sekitar mereka," tulisnya. "Tengkorak pictorially dapat memutar ulang semua peristiwa atau gambar orang-orang yang telah datang ke dalam kontak pikiran mereka (yang berisi tentang sejarah dunia kita)."
Sebagian para arkeolog dan ilmuwan yang skeptic. Tengkorak lebih menonjol sebagai karya seni Mesoamerika kuno, khususnya di kalangan suku Aztec, sehingga hubungan antara artefak dengan peradaban-peradaban ini sangat jelas.
"Benda ini adalah simbol regenerasi," kata Michael Smith, seorang profesor antropologi dari Arizona State University. "Ada beberapa dewa Aztec yang diwakili oleh tengkorak tersebut, sehingga mereka mungkin memanggil dewa-dewa tersebut. Saya tidak berpikir bahwa mereka seharusnya memiliki kekuasaan tertentu atau sesuatu seperti itu.."
Semua bohong ?
Selain itu terakhir, analisis mikroskop elektron terhadap tengkorak dilakukan oleh British Museum dan Smithsonian Institution yang mengungkapkan bahwa ada tanda-tanda yang hanya bisa dibuat dengan peralatan ukir modern. Kedua lembaga museum memperkirakan bahwa ditengkorak mereka ada penanggalan yang diperkirakan pada pertengahan hingga akhir 1800-an, demi kepentingan publik terhadap budaya kuno tingkat tinggi dan lembaga museum sangat ingin untuk melihat potongan yang ditampilkan.
Pemeriksaan dan kumpulan fakta menyatakan bahwa tidak ada tengkorak yang pernah ditemukan pada sebuah penggalian arkeologi resmi yang dipimpin oleh British Museum, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua tengkorak kristal yang terkenal adalah mungkin palsu.
Ada keinginan pada aspek lain dari masalah ini, dan kenyataan tetap bahwa tidak ada yang tahu pasti siapa yang membuat tengkorak ini dan kapan dibuatnya. Dan karena saat ini belum ada cara untuk secara akurat menentukan umur benda anorganik seperti itu, sehingga misteri kemungkinan akan berlanjut. Bahkan, ini pasti untuk mendapatkan dorongan dari aksi-petualangan Indiana Jones dan sekuel Kerajaan Crystal Skull yang dirilis pada tahun 2008. Saya mengutip dari tulisannya Richard A. Lovett and Scot Hoffman.