Perhitungan Regenerasi Organ Kita


Skenario Allah SWT memang luar biasa menakjubkannya, kita harus bijak untuk memaknai, bersyukur dan memeliharanya. Amatilah kemampuan regenerasi organ tubuh manusia tanpa kita sadari dan rasakan selama ini.
Organ tubuh manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk beregenerasi (memulihkan diri). Berikut ini adalah penjelasan regenerasi beberapa organ vital beserta kemampuannya untuk meregenerasi dirinya.

Hati: 5 bulan

Regenerasi hati tergolong cepat berkat kapasitas sel darah yang diterimanya. Tahukah Anda bahwa sebenarnya sel-sel hati secara teratur memperbaiki diri dalam 150 hari, tak terkecuali pada pecandu alkohol. Hebatnya, jika 70 persen hati seseorang dipotong, organ ini memiliki kemampuan kembali ke ukuran normal hampir 90 persen hanya dalam tempo 2 bulan. Namun, hati mereka yang menderita kasus sirosis tidak memiliki kemampuan untuk beregenerasi.

Otak: tidak regenerasi

Hanya beberapa sel dalam otak yang bisa beregenerasi selama manusia hidup. Saat lahir, manusia memiliki 100 miliar sel otak yang sebagian besar tidak akan memulihkan diri.

Jantung: 20 tahun

Studi yang dilakukan oleh New York Medical College menunjukkan bahwa ada sel-sel induk jantung yang dapat membantu hati untuk beregenerasi secara terus-menerus. Sel-sel ini berganti 3 hingga 4 kali selama manusia hidup.

Paru-paru: 2-3 minggu

Sel-sel di paru-paru beregenerasi dalam jangka waktu yang berbeda. Permukaan sel paru-paru diperbarui tiap 2-3 minggu. Dan bagian dalam paru-paru diperbaiki dalam waktu 1 tahun.

Lidah: 10 hari

Lidah dilengkapi dengan sekitar 9.000 sel perasa dan diperbarui tiap 10 hari atau maksimal 2 minggu. Namun, sel lidah bisa rusak karena infeksi atau panas dan asap rokok sehingga pertumbuhan sel pun tidak maksimal dan membuat lidah tidak sensitif.

Mata: tidak beregenerasi

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang tidak banyak berubah sepanjang hidup. Satu-satunya komponen dari mata yang beregenerasi secara terus-menerus adalah kornea. Dalam kasus kecelakaan, kornea dapat memulihkan dirinya dalam waktu 24 jam.

Kulit: 2-4 minggu

Sel-sel pada permukaan kulit memperbarui diri setiap 2-4 minggu. Tujuannya adalah untuk melindungi tubuh dari ransangan eksternal seperti cedera dan polusi.

Tulang: 10 tahun

Kerangka manusia terus memperbarui diri dengan siklus selama 10 tahun.

Usus: 2-3 hari

Usus adalah bagian yang paling sering terpapar bahan kimia, seperti asam korosif. Hebatnya, usus mampu membarui diri dalam waktu 2-3 hari.

Sel darah merah: 10 bulan

Sebagai sistem transportasi vital tubuh, sel darah merah memperbarui diri setiap 4 bulan. Sel-sel tua dihancurkan di limpa. Cedera atau menstruasi menyebabkan jumlah sel darah berkurang sehingga tubuh terus memproduksi sel darah merah.

Sumber :